Mengenal Tip Over sensor pada sistem Injeksi


Tip Over sensor atau lebih dikenal dengan TO sensor pertama kali di aplikasi pada motor SUZUKI Shogun 125 FI dan saat ini Tip Over sensor juga dipasang pada motor SUZUKI NEX FI. Apa sih sebenarnya kegunaan atau fungsi dan Tip Over sensor tersebut, mari kita mengenal lebih dalam tentang TIP OVER sensor.....!!!!!!!!

Tip Over berfungsi mematikan mesin kendaraan pada saat motor terjatuh. Berfungsinya TIP OVER apabila kemiringan kendaraan ada pada sudut antara 55-65 derajat. Jika motor berada di kemiringan 55-65 derajat, maka TO sensor akan mengirimkan laporan ke ECM (electronic control modul) untuk mematikan Injektor, Koil Pengapian dan pompa bahan bakar.

Pada saat motor terjatuh Tip Over akan berfungsi 2 detik kemudian, sehingga resiko motor terbakar akibat percikan penfapian dan ceceran bahan bakar tidak akan terjadi karena ECM langsung mematikan injektor, koil pengapian dan pompa bahan bakar meskipun posisi kunci kontak masih dalam keadaan ON.

Tetapi pada saat motor berjalan normal dan posisi menikung dengan kemiringan motor antara 55-65 derajat, ECM tidak mematikan ketiga komponen diatas karena masih ada gaya sentrifugal pada pendulum di dalam sensor Tip Over sehingga motor masih dalam keadaan hidup normal meskipun kemiringan motor pada saat menikung antara 55-65 derajat.