Suspensi depan pada motor di Indonesia

Untuk hari ini saya akan membahas tentang suspensi / shockbreaker depan motor. Suspensi depan motor mempunyai berbagai macam tipe, tetapi yang umum di gunakan pada sepeda motor di Indonesia ada 2 macam, yaitu sistem garpu batang bawah (bottom link fork) dan garpu teleskopik (telescopic fork).

Untuk tipe bottom link fork, biasanya di pakai pada motor - motor klasik contohnya: SUZUKI FR (family). Ciri dari suspensi bottom link frok adalah adanya batang penghantar antara pivot dan as roda. Dan di tengah batang penghantar tersebut di pasangi suspensi per spiral dan karet penahan.

Untuk tipe suspensi teleskopik, biasanya dipakai motor - motor modern seperti : SUZUKI Shogun, Smash, Thunder dll. Ciri dari motor yang memakai suspensi teleskopik adalah suspensi ikut menjadi satu kesatuan dengan sistem kemudi. Pada suspensi teleskopik biasanya menggunkan per spiral untuk menahan guncangan yang diterima roda agar tidak diteruskan ke kemudi. Dan menggunakan oli sebagai pengatur tendangan balik per spiral.

Untuk suspensi teleskopik ada 2 macam, yaitu yang pertama dengan tabung berada di bagian bawah dan as suspensi di jepit segitiga kemudi motor. Dan untuk yang kedua tabung berada di bagian atas, di jepit oleh segitiga kemudi dan as suspensi terhubung dengan as roda (Upside down).