Fungsi Lampu Utama dan kelengkapannya

Hari ini kami akan membahas tentang fungsi lampu utama dan kelengkapannya, seperti reflektor dan kaca bias. Lampu utama sering juga di sebut lampu kepala atau head light. Fungsinya adalah untuk membungkus cahaya yang di berasal dari lampu pijar untuk memberikan penerangan / cahaya yang cukup pada arah yang kita inginkan.

Pada dasarnya bohlam lampu utama di bagi menjadi 2, yaitu:
1. Bohlam lampu yang filamennya sejajar
2. Bohlam lampu yang filamennya bertingkat














Bohlam lampu filamen sejajar biasanya di pakai pada kendaraan mobil.
Cara kerjanya adalah :
Lampu Jauh : Dengan bantuan reflektor, filamen lampu jauh di tempatkan di belakang filamen lampu dekat agar supaya cahaya yang dipantulkan dapat sejajar.

Lampu dekat : Filamen lampu dekat terletak didepan filamen lampu jauh, agar hasil pantulan reflektor bisa sempurna miring ke bawah, maka bagian bawah dan depan filamen ditutup pakai pelat berbentuk seperti sendok.














Bohlam lampu filamen bertingkat biasanya dipakai pada sepeda motor.
Cara kerjanya adalah :
Lampu jauh : Filamen lampu jauh berada tepat di titik tengah atau biasa di sebut titik api yang akan menghasilakan pantulan sinar sejajar

Lampu Dekat : Filamen lampu dekat berada di atas filamen lampu jauh, yang akan menghasilkan cahaya sejajar di bagian atas dan bawah untuk bagian bavah.

Reflektor adalah cermin cekung yang berbentuk parabola yang berfungsi untuk memantulkan sinar lampu pijar (Bohlam), agar refleksi sinar cukup baik maka permukaan reflektor di beri lapisi bahan yang dapat memantulkan cahaya.

Kaca bias berfungsi membagi cahaya menjadi beberapa fokus agar pencahayaan tidak hanya kuat di satu titik saja, sehingga penerangan di atas jalan lebih sempurna. Tetap pada kendaraan era modern saat ini, kaca bias sering tidak di gunakan. Sebagai gantinya, reflektor lampu selain untuk memantulkan cahaya juga sebagai pembagi cahaya yang fungsinya mirip dengan kaca bias.