Fungsi, macam, dan cara kerja Klakson

Untuk artikel kali ini, juragan akan membahas tentang fungsi, macam dan cara kerja klakson. Tapi mohon ma'af jika ada salah penulisan karena mata juragan tinggal 5 watt, karena begadang semalaman.
Fungsi dari klakson adalah untuk memberi tanda/isyarat dengan bunyi. Sedangkan bunyi itu timbul karena adanya getaran. Agar Klakson dapat di dengar dengan baik dan sesuai dengan peraturan pemerintah, maka klakson harus mempunyai frekwensi getaran antara 1800-3550Hz.

Pada umumnya klakson dapat di bagi dalam beberapa macam, antara lain :
1. Klakson Listrik :
A. Klakson Arus Bola - Balik (AC)
B. Klakson Arus searah (DC)

2. Klakson Udara
A. Dengan komprsor listrik
B. Memakai katup elektro pneumatis

Klakson Listrik dengan arus bolak - balik (AC)








Cara kerjanya $3A Pada magnet listrik akan terjadi pergantian kutub - kutub utara dan selatan sesuai dengan frekwensi listrik yang mengakibatkan membran bergetar. Biasanya klakson ini di gunakan pada kendaraan kecil dengan pembangkit listrik memakai dinamo listrik, tanpa aki. Kerugian dari klakson listrik dengan arus bolak - balik adalah frekwensi klakson dapat naik turun tergantung dari putaran mesin.

Klakson Listrik dengan arus searah (DC)







Cara kerjanya : Karena dengan arus searah magnet tidak dapat menggetarkan membran, maka diperlukan kontak pemutus dan pegas plat agar membran dapat bergetar. Pada saat kontak terhubung arus listrik akan mengalir ke magnet listrik dan menarik membran dan arus listrik terputus saat kontak tertekan jangkar. Fungsi kondensator adalah menghilangkan percikan api pada kontak pemutus. Baut penyetel berfungsi untuk menyetel kerenggangan kontak pemutus dengan jangkar.

Klakson Udara dengan kompresor listrik








Cara kerjanya (sambil lihat gambar) : Motor listrik D akan menggerakkan kompresor E dan menghasilkan udara tekan. Agar klakson dapar bekerja lebih cepat, maka penempatan motor listrik harus lebih dekat dengan klakson. Jika selang/selang lebih panjang, maka udara akan lebih lama sampai ke klakson dibandingkan dengan pipa yang lebih pendek.

Klakson udara dengan sistem relai elektro pneumatis






Cara kerjanya (sambil lihat gambar): Bila saklar klakson dihubungkan maka relai elektro pneumatis akan membuka saluran udara ke klakson dan udara tekan akan menggerakkan plat getar hingga klakson berbunyi.

Tapi dengan seiringnya jaman, klakson modern banyak yang menggunakan perangkat elektronik dengan modul, sehingga dapat mengeluarkan berbagai macam suara.