Ganti angin ban dengan NITROGEN

Teknologi otomotif sekarang berkembang pesat, pemahamanpun semakin meningkat. Sejak dahulu masyarakat mengenal pengisian angin pada motor memakai kompresor, pompa tangan, dan pompa kaki. Namun beberapa tahun ini, marak sekali pengisian angin dengan Nitrogen, apa sih sebenarnya kelebihan dari pengisian angin ban dengan Nitrogen.....?????

Keunggulan dari Nitrogen dibandingkan dengan pengisian angin biasa sangat banyak.

1. Kandungan air pada Nitrogen lebih rendah dibandingkan angin biasa yang berasal dari kompresor, sehingga meminimalkan kerusakan komponen roda seperti Velg dan kekenyalan roda.

2. Molekul Nitrogen lebih padat dibandingkan angin biasa membuat tekanan ban lebih stabil alias pemuaiannya tidak berlebihan. Jika sama - sama dipanaskan dengan temperatur suhu jalanan yang sama, kenaikan tekanan ban dengan angin biasa naik mencapai 5 psi, sedangkan dengan pemakaian Nitrogen pemuaian udara di dalam ban tidak sampai 3 psi.

3. Bobot Nitrogen lebih ringan 5% dibandingkan dengan angin biasa, sehingga dapat mengurangi bobot roda yang mengakibatkan irit bahan bakar krena kinerja mesin makin ringan.

4. Ukuran partikel Nitrogen lebih besar dibandingkan angin biasa, sehingga sulit menerobos pori-pori ban. Keuntungannya kita tidak perlu lagi sering - sering mengisi angin.

Catatan :
Penggantian angin dengan Nitrogen pada ban wajib total. Yang dimaksud total adalah udara lama didalam ban yang berasal dari kompresor wajib disedot habis untuk diganti Nitrogen. Hal ini bertujuan agar molekul gas yang ada didalam ban tidak tercampur dengan Nitrogen, karena jika molekul udara biasa bercampur dengan Nitrogen dapat membuat tekanan ban kurang stabil.