GANTI Lampu HID, anti tekor tanpa modifikasi berlebihan

Pada artikel sebelumnya saya pernah menjelaskan tentang memodifkasi kelistrikan motor jika menggunakan lampu HID, dengan penggantian Kiprok dengan kemampuan ampere yang lebih besar sampai memodifikasi kelistrikan dengan menggulung kabel spool pengisian aki dengan tujuan memperbesar arus pengisian ke aki.

Nah hari ini saya akan menjelaskan cara memodifikasi kelistrikan motor yang lampu depannya diganti HID tanpa merubah terlalu banyak kelistrikan motor dan tidak perlu mengganti komponen motor (KIPROK).

Langkah pertama adalah memotong/memenggal/melepas kabel yang menuju lampu utama, biasanya pada motor SUZUKI berwarna kuning. Pemotongan ini bertujuan agar arus dari spool pengisian yang awalnya dicabang untuk penerangan lampu depan dan pengisian aki menjadi satu untuk pengisian aki saja.

Langkah kedua adalah memindahkan arus kabel yang di potong/penggal/lepas tadi yang sebelumnya berasal dari kiprok ke aki lewat kunci kontak, dan secara otomatis seluruh kelistikan yang awalnya menggunakan arus bolak - balik (AC) menjadi arus searah (DC) yang beraasal dari aki.

Langkah ketiga adalah dengan mengganti lampu belakang dengan lampu LED agar lebih hemat listrik. Karena kekuatan kiprok asli motor cuma mencapai 48 waat saja, sedangkan lampu HID saja 35 watt, jika memakai lampu bohlam biasa yang membutuhkan daya 25 watt (lampu kota 5 watt + lampu rem 20 watt) sedangkan jika diganti LED cuma butuh 1 watt saja, hemar khan....
Jadi jika di total Lampu HID + lampu belakang cuma butuh daya 36 watt saja....

Ingat, modifikasi ini cuma untuk motor yang menggunakan 1 lampu depan saja. Jika motor anda menggunakan 2 lampu, maka diperlukan modifikasi seperti halnya artikel saya yang terdahulu.....

Banyak yang bertanya "mengapa lampu HID harus memakai arus searah (DC) yang berasal dari aki......?????"
Lampu HID sama halnya dengan lampu angel eye tidak kuat dengan perubahan tegangan dan wajib menggunakan arus yang stabil agar lampu lebih awet.