SUZUKI Indonesia, peng-ekspor motor terbesar ditahun 2012

Baru saja menemukan info dari blog tetangga tentang data ekspor motor oleh pabrikan motor yang tergabung di Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Menurut data AISI, ekspor motor anggota AISI melonjak tajam pada periode Januari-Juli 2012. Kenaikan eskpor motor mencapai 135% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2011.

Untuk ekspor motor hingga bulan Juli 2012 mencapai 47 ribu unit. Peng-ekspor terbesar adalah SUZUKI Indonesia yang menorehkan angka di 27 ribu unit mengalahkan pabrikan yang memakai lambang garpu tala yang sampai bulan 7 cuma bisa meng-ekspor motor 7.500 unit. Sebenarnya peningkatan ekspor SUZUKI Indonesia dimulai bulan November 2011, sejalan dengan diluncurkannya SUZUKI NEX 110 yang di ekspor ke negara - negara asia tenggara seperti Vietnam dan Thailand.

Angka ekspor pabrikan SUZUKI Indonesia akan terus merangkak naik seiring di pindahkannya induk produksi SUZUKI yang awalnya di Thailand ke Indonesia. Dan tahun 2012 ini SUZUKI Indonesia terus menambahkan investasinya dengan membangun pabrik baru untuk produksi spare part, karena ekspor motor ke negara - negara asia tenggara masih dalam bentuk CKD (terurai) dan dirakit di negara masing-masing.