suzuki
smg

Sesuaikan Karakter Motor dengan yang kita kehendaki

Membeli atau memilih motor yang akan kita gunakan, gampang - gampang susah. Maka dari itu kenali terlebih dahulu karakter mesin motor yang akan kita beli. Jika anda menginginkan motor dengan karakter agresif dan cepat, pilihlah motor yang mempunyai mesin di rancang untuk
kecepatan tinggi atau motor sport. Jika anda menginginkan motor dengan karakter touring atau di pakai dalam kota, maka belilah motor yang mempunyai jarakter nyaman dikendarai dan ringan dalam bermanuver dan yang terpenting tidak susah jika dipakai untuk luar kota.

Motor sport berkarakter cepat biasanya mengaplikasi teknologi mesin DOHC (Double Overhead Camshaft) yang memisahkan antara noken-as yang menggerakkan katup isap dan katup buang, dan pada umumnya mempunyai lebih dari 2 katup. Hal ini di maksudkan agar gas yang dihisap keruang bakar lebih cepat masuk dan dikeluarkan. Dan mesi motor berkarakter cepat biasanya mempunyai kompresi mesin tinggi, sehingga membutuhkan konsumsi bahan bakar yang beroktan tinggi. Karakter motor bermesin DOHC tidak nyaman dipakai pada putaran mesin rendah, dan power motor akan keluar pada saat mesin mencapai putaran menengah dan tinggi. Contoh mesin motor berkarakter cepat adalah SUZUKI SATRIA FU 150 yang memang dirancang khusus bagi penggila kecepatan.

Motor berjenis touring atau motor yang biasa dipakai harian dan keliling kota pada umumnya mengaplikasi mesin berjenis SOHC. Motor ini mengutamakan torsi mesin yang besar, sehingga power motor selalu terisi mulai dari putaran bawah sampai atas. Tetapi karena dirancang khusus motor harian atau touring, putaran mesin motor berjenis SOHC pada umumnya kalah tinggi dengan mesin DOHC. Dan kompresi mesin motor berkarakter touring tidak setinggi mesin berkarakter sport atau cepat, sehingga mesin motor berjenis SOHC dapat menggunakan bahan bakar beroktan rendah yang dapat di temui di setiap SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) atau pompa bensin. Contoh motor berkarakter touring adalah SUZUKI INAZUMA 250 yang terbukti tangguh pada saat event Born to Adventure SUZUKI INAZUMA 250 Jakarta - Bali meskipun memakai bahan bakar besin premium.

Ayo kenali mesin motor yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita....!!!!!!

Kita yang harus mengendalikan motor, jangan sampai kita yang dikendalikan motor....!!!!!!!!!!