suzuki
smg

Sudut Pengapian dan Sudut Dwell

Di dalam satu siklus kerja motor ada yang namanya sudut pengapian dan sudut dwell. Apa sih yang dimaksud dengan sudut pengapian dan sudut dwell tersebut dan apa perbedaan antara sudut pengapian dan sudut Dwell . Dan apa efek yang akan timbul jika sudut dwell tidak sesuai dengan anjuran pabrik. Mari kita bahas satu persatu tentang sudut pengapian dan sudut dwell.

Sudut pengapian adalah sudut yang diperlukan untuk satu kali pengapian pada satu silinder motor. Dimana secara detail dapat diterangkan sebagai sudut putar nok/cam saat platina membuka sampai membuka lagi pada tonjolan nok/cam pada silinder berikutnya.

Sudut Dwell adalah lamanya platina dalam keadaan menutup. Dengan memperbesar celah platina, sudut dwell menjadi kecil. Begitu juga sebaliknya, jika celah platina diperkecil akan mengakibatkan sudut dwell menjadi besar.

Sudut Dwell harus di setel sesuai anjuran pabrikan motor, sebab jika sudut dwell terlalu besar dapat mengakibatkan percikan api bisa menjadi terlambat, putaran mesin menjadi kasar, tidak optimalnya fungsi kondensor, dan lain - lain. Sedangkan sudut dwell yang terlampau kecil dapat mengakibatkan percikan bunga api kecil, mesin menjadi panas, dan tidak optimalnya tenaga motor.