suzuki
smg

Fungsi Pelampung dan jarum Pelampung pada karburator

Fungsi pelampung dan jarum pelampung sangat vital pada sistem pengabut bahan bakar karburator. Gunanya adalah mengontrol volume bahan bakar yang di tampung dalam mangkok atau bak karburator. Jika volume bahan bakar yang berada di mangkok karburator berlebihan atau kurang, maka akan mengakibatkan kinerja dari karburator tidak maksimal.

Pelampung atau bahasa bulenya Float pada karburator motor ada 2 tipe, tipe pertama memakai 1 pelampung, tipe yang kedua memakai 2 pelampung. Bentuk pelampung juga banyak macamnya ada yang bulat ada yang persegi empat. Bahan dari pelampung ada yang dari tembaga (pernah dipakai pada generasi SUZUKI RC) dan pelampung karburator saat ini kebanyakan terbuat dari resin sintetik.

Cara kerja dari jarum pelampung adalah pada saat volume bahan bakar berkurang, posisi pelampung akan turun dan jarum pelampung (needle valve) akan membuka aliran bahan bakar yang barasal dari tangki bahan bakar. Dan jika bahan bakar di bak atau mangkok karburator (float chamber) telah sesuai dengan kebutuhan dan pelampung posisinya kembali ke semula , maka jarum pelampung akan akan menutup aliran bahan bakar.

Jarum pelampung juga dilengkapi dengan pegas yang bertugas menstabilkan posisi jarum pelampung agar tidak naik turun pada saat motor terkena guncangan