suzuki
smg

Macam tipe Busi menurut bentuknya

Banyak macam tipe busi yang digunakan pada kendaraan bermotor ada yang namanya busi panas dan ada pula busi dingin, seperti artikel yang pernah saya bahas sebelumnya "Perbedaan busi panas dan dingin". Tetapi hari ini saya akan membahas tentang tipe busi menurut bentuknya, ada tipe busi standar, busi tipe resistor, busi dengan elektroda menonjol, busi dengan percikan dua sisi atau percikan melingkar bodi, busi dengan elektroda platinum. Mari kita bahas satu persatu tentang peranan dan keunggulan busi yang berbagai macam bentuk tersebut.


1. Busi standar
Busi ini biasa dipakai pada motor standar pabrikan, keunggulannya adalah murah dalam biaya produksi. Sedangkan busi standar mempunyai ciri - ciri ujung elektroda tengah saja yang menonjol keluar dari diameter  rumah yang berulir (threaded section). Ujung insulator (nose insulator) tetap berada di dalamnya (tidak menonjol).


2. Busi Resistor
Busi ini biasa di pakai pada motor yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar. Cirinya adalah kode busi ada huruf R (Resistor). Resistor 5 kilo ohm disisipkan ke tengah busi yang bertujuan memperlemah gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh loncatan bunga api di busi yang dapat mempengaruhi kinerja ECM (electronic control module).


3. Busi dengan elektroda menonjol
Busi ini  biasa dipakai pada mesin moden tertentu, ciri-cirinya adalah ujung elektroda tengah dan ujung insulator sama- sama menonjol keluar. Keunggulan busi ini dapat menjaga kebersihan pada busi itu sendiri, tetapi hati-hati dalam penggunaan busi ini karena bisa-bisa busi terbentur dengan piston atau katup karena bentuknya yang menonjol.


4. Busi dengan percikan dua sisi atau percikan api memutar/melingkar bodi
Busi ini biasanya di gunakan pada motor yang biasa digunakan untuk korek harian atau pemilik kendaraan yang ingin menaikkan performa motornya. karena ground elektroda busi lebih dari satu dan berada disisi nose atau percikan api melingkar langsung ke bodi. Keunggulannya tipe busi ini adalah lebih bersih karena pembakaran di dalam mesin lebih sempurna atau terbakar habis.


5. Busi Iridium
Busi ini banyak kelebihannya dan sering digunakan pada dunia balap karena ketahanannya. Kelebihan dari busi iridium diantaranya adalah lebih tahan terhadap keausan sehingga kita tidak perlu sering memeriksa celah busi, ukuran serta beratnya lebih kecil dan ringan dari busi biasa. Ciri dari busi yang dilapisi iridium pada elektrodanya adalah ada garis di insulator busi.