suzuki
smg

Sejarah SUZUKI Smash di Indonesia


SUZUKI Smash di Indonesia pertama kali di luncurkan pada semester kedua tahun 2003 di Jakarta Convention Center, jika tidak salah pada bulan September 2003. SUZUKI SMASH adalah pelopor motor murah dari pabrikan SUZUKI yang bertujuan membendung serangan motor - motor dari China yang membanjiri Indonesia disaat itu. Harga yang di tetapkan oleh SUZUKI pada saat itu ada pada kisaran 9 jutaan dan SUZUKI SMASH sebagai pengganti SUZUKI SHOGUN yang naik kelas menjadi 125cc.

Seperti halnya SUZUKI SHOGUN, setelah di luncurkan untuk masyarakat Indonesia. Pabrikan SUZUKI Indonesia memberikan bukti nyata kepada masyarakat bahwa meskipun SUZUKI SMASH berharga murah  tetapi tetap tangguh dengan di buktikan dalam uji ketahanan mesin SUZUKI Smash 24 Jam Nonstop di sirkuit sentul dan di lanjutkan dengan perjalanan 1.000Km Jakarta - Surabaya Nonstop.

SUZUKI SMASH mempunyai keunggulan pada torsi mesin yang besar bila di bandingkan dengan sang kakak SUZUKI Shogun, hal ini karena SUZUKI SMASH menganut teknologi SEPIS (Suzuki Economy and Power Intake System) sehingga dengan konsumsi bahan bakar irit tetapi menghasilkan tenaga yang optimal.


SUZUKI SMASH generasi kedua atau biasa disebut New Smash lahir pada tanggal 9 Juni 2006 dan dilaunching pada 9 Juli 2006 di Taman Mini Indonesia Indah. Dan sebelum dilaunching secara resmi ke publik, pada tanggal 27-29 Juli 2006 SUZUKI NEW SMASH di uji cobakan di sirkuit sentul dalam event Uji ketahanan mesin 50 Jam Nonstop dengan jarak tempuh 4226Km.

Dalam uji ketahanan kali ini mengalahkan rekor sebelumnya yang di buat oleh SUZUKI SHOGUN 125 selama 48 Jam Nonstop pada tahun 2003. Dan pada SUZUKI SMASH Generasi kedua ini telah di lengkapi dengan PAIRS (Pulsed-secondary AIR-injection System) untuk mengurai gas buang agar lebih ramah lingkungan.


SUZUKI generasi ketiga atau biasa disebut SUZUKI SMASH TITAN diluncurkan pada 25 Mei 2010 di Dunia Fantasi, Ancol Jakarta. Pada SUZUKI SMASH TITAN mengalami perubahan pada kapasitas mesin menjadi 115cc dan bodi SUZUKI SMASH TITAN sudah menganut 3D dan karburator sudah dilengkapi dengan TPS (Throttle Position Switch).
Sudah menjadi tradisi pabrikan SUZUKI, setiap meluncurkan tipe motor SMASH atau SHOGUN akan dibarengi dengan pengujian ketahanan mesin. Pada SUZUKI SMASH generasi ketiga ini pengujian lebih berat dibandingkan SUZUKI SMASH Generasi kedua, karena SUZUKI SMASH TITAN akan diuji ketahanan mesinnya selama 60 jam Nonstop di sikuit sentul. Dan ternyata SUZUKI SMASH TITAN berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dibukukan SUZUKI NEW SMASH dengan 50 jam Nonstop.

SUZUKI SMASH TITAN bukan cuma diuji di sirkuit saja, setelah diuji selama 60 jam nonstop di sirkuit sentul Bogor dengan jarak tempuh 5.070km. Tetapi dilanjutkan dengan event SUZUKI Jelajah Negeri dengan jarak tempuh 20.000Km dengan melewati 570 kota sepanjang pulau Jawa, Sumatra, Bali, Lombok, Kalimantan, Sulawesi dan pulau Madura.

Nah mungkin ini saja sekelumit sejarah dari SUZUKI SMASH Indonesia yang saya ketahui, semoga bermanfaat.....