suzuki
smg

Komparasi SUZUKI GS150R dan H***A V*RZA 150



Rencana akan masuknya SUZUKI GS150R ke Indonesia memang telah lama beredar di dunia maya lewat tulisan-tulisan para blogger. Jika tidak percaya nih salah satu tulisan bang admin yang berjudul "Pengganti Thunder 125 gagal diluncurkan" ditulis pada tanggal 03 April 2011. Sebenarnya rencana akan masuknya GS150R untuk menggantikan Si Thunder 125 yang penjualannya kurang menggigit, tetapi karena banyaknya penolakan dari kalangan SUZUKI Lover's dengan alasan modelnya mirip motor India yang ada di Indonesia (B*J*J), maka pihak SUZUKI Indonesia mengurungkan niatnya untuk mengimpor SUZUKI GS150R dari India.


Nah pada tahun 2013 ini, keinginan untuk memasukkan SUZUKI GS150R ke Indonesia kembali muncul dan masuk jajaran motor SUZUKI yang akan keluar 2014, alasan SUZUKI Indonesia akan menghadapkan langsung dengan motorsport 150cc injeksi Paket Hemat kompetitor yang telah menggelinding duluan di jalanan Indonesia. Dan terlepas admin sebagai salah satu orang pencinta motor SUZUKI, admin akan membuat komparasi atau kata sederhananya perbandingan antara SUZUKI GS150R dengan motor kompetitor yang sejenis, langsung aja Cekidot....

Lampu Utama/Depan
Pada sektor Lampu Utama, bentuk lampu SUZUKI GS150R lebih futuristik terinspirasi dengan motorsport SUZUKI GSX-R. Dan bentuk lampu motor pabrikan tetangga sangat sederhana seperti halnya motorsport yang lainnya.

Lampu Belakang
Lampu belakang SUZUKI GS150R juga tampil lebih sporty dan terinspirasi dengan lampu belakang motorsport SUZUKI GSX-R. Untuk lampu belakang motor kompetitor lagi-lagi sangat sederhana sekali ,mirip lampu belakang motor jaman bang admin sekolah SMU dulu.

Speedometer
Nah untuk tampilan Speedometer SUZUKI GS150R juga lebih cakep karena menganut model speedometer GSX-R, lebih mudah pembacaannya saat  motor dalam kecepatan tinggi dan juga dilengkapi indikator posisi gigi perseneling. Untuk motor sejenis produksi pabrikan tetangga, silahkan juragan komentar sendiri lah, bagaimana bentuk fisik dan tampilannya yang serba sederhana meskipun telah memakai LCD.

Mesin
Pada mesin, meskipun sama - sama berkapasiats mesin 150cc, tetapi tenaga dan torsi maksimum SUZUKI GS150R lebih sedikit besar dari pada motor kompetitor. 
SUZUKI GS150R : Power : 13,8 PS/8.500 rpm Torsi : 13.4Nm/6.500rpm
H*N*A V*RZA 150 : Power : 13,2 PS/8.500rpm Torsi : 12,7Nm/6.000rpm

Pada junlah Gigi Perseneling, SUZUKI GS150R juga lebih unggul, karena SUZUKI GS150R telah menggunakan 6 percepatan dan H*N*A V*RZA 150 cuma 5 percepatan. Dan biasanya penghematan bahan bakar akan lebih terasa dengan motor 6 percepatan.


Selanjutnya untuk penahan guncangan bagian belakang (Shockbreaker/suspensi) pada SUZUKI GS150R telah memakai Shockbreaker dengan tabung oli terpisah, sehingga pendinginan oli Shockbreaker lebih optimal dan Kinerja Shockbreaker tidak akan menurun yang disebabkan oleh pemanasan.

Mungkin itu saja artikel Bang Admin, untuk motor kompetitor memang bang Admin tidak terlalu banyak berkomentar karena takut dipersalahkan, heheheheheheeee..