suzuki
smg

Suspensi SUZUKI Nex baru memakai sistem Gas


Wow memang luar biasa Group FB dari komunitas SUZUKI Nex Owner club (SNOC) Indonesia, selain anggotanya pada gokil atau koplak, di Group tersebut juga anggotanya sering share tentang ilmu tehnik otomotif dan cara meningkatkan performa dari motor SUZUKI Nex. Group FB SUZUKI Nex Owner club (SNOC) Indonesia juga terbuka kepada siapa saja yang ingin bergabung, malah karena terlalu terbukanya sering kali menyelinap para Alay'er pabrikan tetangga yang bermaksud mem-Black Campaign SUZUKI NEX. Tapi beruntunglah Group tersebut mempunyai banyak Master di bidang Otomotif yang siap dengan fakta dan bukti membendung serangan-serangan para Alay'er atau Fan's Boy Pabrikan tetangga.

Kembali ke judul diatas, artikel ini terinspirasi dengan postingan kang Arris Kurniawan yang baru membongkar Suspensi belakang motor anggota SNOC Bandung untuk dipermak. Ternyata ada perbedaan antara suspensi SUZUKI Nex milik kang Arris Kurniawan yang dibeli pada bulan Desember 2011 dengan Suspensi SUZUKI Nex yang dibongkarnya yang dibeli pada bulan Mei 2013.

Nah setelah di cecar pertanyaan dari anggota group, kang Arris angkat bicara. Perbedaan Suspensi SUZUKI Nex miliknya memakai sistem oli untuk menahan piston suspensi yang terdorong pegas dan SUZUKI Nex milik anggota SNOC Bandung telah memakai sistem gas sehingga piston dibantu gas agar redaman lebih lembut dan stabil.

Cara pengujiannya dengan cara menekan As Suspensike ke bawah, jika as suspensi saat ditekan tanpa spring (per keong) posisinya tidak berubah, maka suspensi tersebut memakai sistem oli. Dan jika as suspensi setelah ditekan naik lagi keatas, berarti ada dorongan gas yang membantu as suspensi untuk kembali ke posisi semula. Maka suspensi tersebut memakai sistem Gas.

Dan bagaimana dengan kemampuan meredam guncangan pada kedua jenis suspensi tersebut, kang Arris dibantu kang Dardjat juga menjelaskan bahwa suspensi sistem Gas lebih empuk saat dipakai berboncengan atau dengan kata lain dengan muatan lebih.

Mungkin itu saja artikel saya tentang perubahan suspensi pada SUZUKI Nex, jika ada pertanyaan sejak kapan SUZUKI mengganti suspensi Nex dengan sistem Gas...???
Sampai artikel ini saya muat belum ada konfirmasi dari pihak pabrikan SUZUKI Motor Indonesia.