suzuki
smg

Bangkitlah SUZUKI Indonesia-ku


Lebih dari satu bulan bang admin tidak menulis artikel di Laskar SUZUKI. Kali ini bang admin sangat tertarik dengan postingan-postingan dari blog sebelah (Novilita) yang mengulas motor pabrikan sebelah yang memakai basic mesin motor yang sama, tetapi digunakan pada motor yang berlainan tipe. Nah sebenarnya SUZUKI Indonesia bisa mencontoh trik dari pabrikan tetangga tersebut, dengan biaya riset mesin sedikit saja sudah dapat menghasilkan 3  tipe motor.

Untuk SUZUKI Indonesia sebenarnya mempunyai mesin motor yang terkenal handal dan kencang, yaitu mesin Satria F 150 sebagai bahan pengembangan.
Mesin Satria F 150 dapat diaplikasi ke rangka motorsport atau motor backbone sejenis Gixxer karena sejatinya basic mesin Satria F150 pernah nangkring di Rangka SUZUKI FXR. Jadi SUZUKI Indonesia dapat mengaplikasi mesin Satria F150 di motorsport yang katanya saat ini dikembangkan oleh SUZUKI Jepang, tinggal kasih injeksi bahan bakar saja dan tingkatkan tenaga motornya seperti pada SUZUKI FXR, selesai.

Dan mesin Satria F150 juga dapat dikembangkan menjadi mesin motor underbone atau  bebek (non ayam jago) dengan men-downgrade kapasitas mesinnya menjadi 125cc. Karena memang sejatinya pengembangan mesin Satria F150 berawal dari motor berbodi bebek (SUZUKI FX125), yang belum tau bisa baca artikel bang admin yang ini Evolusi SUZUKI Satria Fu 150 di negeri asalnya.

Nah dengan basic mesin motor yang sama dan biaya riset yang minim sebenarnya SUZUKI Indonesia sudah bisa menambah 2 line-up tipe baru untuk melengkapi line-up yang telah ada.

Sebenarnya SUZUKI Indonesia bisa juga mengembangkan mesin SUZUKI Shooter seperti halnya SUZUKI Vietnam dengan SUZUKI Raider 110J-nya. Nah kekurangan di SUZUKI Raider 110J SUZUKI Vietnam dapat disempurnakan di Indonesia, misalnya penambahan kopling manual dan penambahan disk brake (rem cakram) pada roda belakang.

Mesin SUZUKI Thunder juga bisa dikembangkan lagi dengan model-model yang disukai oleh masyarakat saat ini, seperti halnya bang admin tulis dalam artikel sebelumnya " Mesin SUZUKI Thunder, bisa pakai bodi apa saja pantas... " Nah dari basic mesin Thunder saja SUZUKI Indonesia bisa menambahkan sekurang-kurangnya 3 tipe baru.

Dan yang terbaru kabar dari SUZUKI Vietnam adalah pengembangan SUZUKI Hayate 125 dengan model baru telah meluncur di SUZUKI Vietnam dengan nama SUZUKI Impulse, bagaimana dengan SUZUKI Indonesia..????

Yang menjadi pertanyaan bang admin adalah mengapa SUZUKI Indonesia kalah inovatif dengan SUZUKI Vietnam dan SUZUKI Thailand. Padahal dahulu penjualan SUZUKI Indonesia menempati posisi kedua setelah RRC (China). Dan pengembangan motor SUZUKI untuk kawasan asia tenggara saat ini dipusatkan di Indonesia. Jika masalah laku atau tidaknya kalau tidak mau mencoba pasar, kita tidak akan tahu bisa laku atau tidak. Buktinya dahulu SUZUKI SATRIA Fu dalam sebulan dalam satu delaer belum tentu menjual 1 motor Satria Fu 150, tetapi buktinya sekarang menjadi ujung tombak penjualan SUZUKI Indonesia.

SUZUKI Indonesia ingin maju, Bangkit dulu baru Hebat...!!!!!
Evolusi SUZUKI SATRIA FU 150 di negeri asalnya
Evolusi SUZUKI SATRIA FU 150 di negeri asalnya
Evolusi SUZUKI SATRIA FU 150 di negeri asalnya