suzuki
smg

SUZUKI BANDIT GSF1250SA


Motor yang juga baru diluncurkan oleh SUZUKI adalah generasi terbaru dari generasi si BANDIT yaitu, SUZUKI Bandit 1250S ABS. Motor yang melegenda dengan keseimbangan dan tenaganya yang luar biasa ini yang biasanya menojolkan kekekaran mesinnya mendapatkan sedikit polesan dengan pemberian half fairing yang bertujuan dapat memecah angin, sehingga tekanan angin dari depan dapat ditekan seminimal mungkin.


SUZUKI BANDIT GSF1250S ABS mengusung mesin 4 silinder segaris, DOHC, Injeksi bahan bakar dan pedinginan dengan radiator. Ring Piston pada SUZUKI Bandit 1250 S ABS berlapis Chrome-nitride dan menggunakan physical vapor deposition (PVD) vacuum chamber system. Sistem ini lebih sulit dan lebih halus dari pembuatang ring piston konvensional dan keunggulannya adalah gesekan ring piston ke silinder jauh berkurang dan pemuaiannya lebih minim.


Untuk silindernya, SUZUKI tetap mengandalkan silinder SCEM - Suzuki Composite Electrochemical Material, yang mempunyai keunggulan lebih tahan gores, transfer panas lebih cepat dan mengurangi kerugian mekanis sehingga tenaga meningkat di bandingkan jika menggunakan liner besi.

Dan tidak lupa juga SUZUKI memasangkan balancer sekunder agar tenaga besar yang dihasilkan SUZUKI Bandit 1250S ABS lebih minim getaran.

Seperti halnya SUZUKI GSX-R1000 ABS, SUZUKI Bandit 1250S ABS juga menggunakan 2 katup pada Throttle-nya. Throttle primer digerakkan oleh pengendara dengan  throttle twist grip dan throttle sekunder dikendalikan oleh komputer menejemen mesin. Throttle sekunder berfungsi untuk menakar campuran udara dan bahan bakar ideal, sehingga peningkatan daya lebih halus, mesin lebih bertenaga dan tentunya lebih ramah lingkungan.


Untuk mengatur semprotan nosel debit bahan bakar, SUZUKI memasang ECM - Engine Control Module yang dilengkapi sensor - sensor seperti : Sensor yang memonitor kecepatan mesin, sensor posisi gigi perseneling., sensor posisi throttle dan sensor O2 yang ada di knalpot.


SUZUKI Bandit 1250S ABS juga dilengkapi dengan Automatic Idle Speed Control (ISC), yang dapat menyesuaikan putaran idle mesin di berbagai kondisi cuaca. Ya, kalau di karburator konvensional sering disebut cuk otomatis...

Dan tidak lupa juga SUZUKI menyematkan teknologi PAIR System seperti halnya motor-motor yang diproduksi massal di Indonesia. Suzuki’s proven Pulsed-AIR (PAIR) system adalah sistem penyemprot udara segar kedalam knalpot untuk mengurangi emisi gas buang motor.


Untuk intrumen kontrol, SUZUKI masih memberikan kesan klasik kepada SUZUKI Bandit 1250SA dengan menempatkan tachometer analog pada panel intrumen kontrol. Dan untuk speedometer dan odometer, dual trip meter, jam, dan pengukur bahan bakar semua sudah tersentuh modernisasi digital.