Keunggulan Petal Disk Brake SUZUKI Satria F150 Fi


Salam Laskar SUZUKI, Beberapa waktu yang lalu bang admin bertemu dengan sahabat bang admin yang sekaligus pemilik Bengkel Racing TRM yang bermarkas di Jl. Kesatriaan No.21 Bandung. Beliau cerita banyak tentang kariernya di SUZUKI, hasil eksperimen beliau pada motor - motor SUZUKI dengan memodifikasi bagian - bagian yang perlu disempurnakan sehingga tenaganya lebih besar dan lebih irit.

Tetapi yang bang admin lumayan tertarik pada pembahasan keunggulan Petal Disk Brake pada SUZUKI Satria F150 Fi. Menurut beliau selain berfungsi sebagai pendinginan untuk rem cakram sendiri karena bentuknya seperti kipas, petal disk brake juga dapat membersihkan kaliper rem dari kotoran dan debu yang menyelinap diantara komponen disk brake saat musin hujan. 

Dan keunikannya lagi menurut beliau, disk brake model petal dapat berfungsi sebagai rem ABS versi murah. Ini karena piringan cakram yang secara bergantian luas dan menyempit pada permukaannya, sehingga rem tidak akan terkunci penuh saat master rem ditekan. Hal ini juga dibuktikan oleh istri bang admin sendiri yang telah mengujicobakan kehandalan rem petal pada SUZUKI Satria F150 Fi beberapa waktu yang lalu.

Berbeda dengan motor pabrikan sebelah yang sama - sama menganut model ayam jago, saat motor di rem pada roda belakang rem terkunci penuh dan roda belakang sliding. Ya namanya saja mencoba pengereman, tentunya dicari keunggulan dan kekurangannya.....