suzuki
smg

Pendinginan Radiator Satria FU 150 FI dibantu kipas


Laskar SUZUKI, beberapa saat yang lalu ada pertanyaan tentang sistem pendinginan mesin Satria FU 150 FI apakah Radiator-nya dibantu kipas atau tidak. Karena para laskar SUZUKI merasa khawatir jika nantinya pada saat terjebak kemacetan mesin akan membara karena radiator tidak dapat pendinginan dari hembusan angin dari arah depan.


Karena pada saat pertanyaan muncul chat bang admin belum dijawab oleh guru besar bang admin, bang admin memperkirakan bahwa SUZUKI Satria FU 150 FI tidak memakai kipas pada radiatornya. Tetapi setelah pertanyaan bang admin dijawab oleh maha guru besar bang admin, maka bang admin baru mengetahui bahwa Satria FU 150 FI juga dilengkapi kipas pendingin untuk membantu pendinginan pada radiator.

Posisi kipas radiator berada pada sisi dalam atau di belakang radiator, sehingga kipas akan menyedot udara dari arah depan ke belakang. Selain membantu radiator dalam pelepasan panas ke udara bebas, kipas juga membantu pendinginan mesin dengan cara tiupan angin ke belakang (arah silinder head).

Kendali kipas radiator sepenuhnya ada pada komputer kecil (ECM/ECU) yang akan menerima laporan dari sensor ECTS. Jika radiator mulai kegerahan dan memerlukan bantuan kipas untuk mentransfer panas secara paksa ke udara, maka kipas akan secara otomatis hidup. Engine Coolant Temperature Sensor (ECTS) akan mengirimkan laporan ke ECM jika temperatur yang telah ditentukan melampaui batas (biasanya sih sedikit diatas titik didih air).

Nah untuk para Laskar SUZUKI sudah tidak perlu khawatir lagi jika Sang SATRIA FU 150 FI terjebak di kemacetan. Karena Satria FU 150 FI telah dilengkapi dengan kipas pendingin radiator....
Radiator besar, masih ditambah kipas pendingin mesin, masih khawatir..????

Karena Maha Guru Besar bang admin teramat pelit sekali kalau mau kasih gambar, terpaksa bang admin pakai gambar yang lama ya......