Power Besar + Rangka Standar = Membahayakan

All New Satria F150 FI

Laskar SUZUKI, fenomena yang banyak terjadi di Indonesia adalah banyaknya masyarakat terutama kalangan anak muda yang suka memodifikasi mesin motornya dengan jalan memperbesar kapasitas mesin yang bertujuan agar motor lebih bertenaga. Ada yang memilih cara memperbesar ukuran diameter piston atau sering disebut Bore-up dan ada juga memilih memajukan posisi big pen di askruk agar langkah piston lebih panjang atau sering disebut juga stroke-up. Malah ada juga yang lebih ekstrim lagi dengan mengganti mesin setipe yang mempunyai kapasitas mesin yang lebih besar.

Sebenarnya memodifikasi mesin dengan meningkatkan kapasitas mesin itu melanggar aturan yang telah di tentukan oleh pihak yang berwajib karena selain membahayakan jiwa orang lain juga membahayakan pengendara itu sendiri. Mengapa bang admin bilang membahayakan, ini karena motor yang keluar dari pabrik telah melalui riset panjang untuk diujicoba kesesuaian komponennya, kekuatan rangka dan kemampuan kinerja rem motor itu sendiri. Jika mesin dinaikkan kapasitas mesinnya dengan tujuan menaikkan power motor tetapi rangka dan sistem pengereman motor tetap standar tentunya sangatlah membahayakan, karena kekuatan rangka standar disesuaikan dengan kapasitas mesin yang diusungnya, jika dipaksakan maka rangka tidak akan mampu meredam getaran mesin dan lama kelamaan rangka bisa retak atau lebih ekstrim lagi bisa patah.

All New Satria F150 FI

Begitu juga dengan sistem pengereman motor, sistem pengereman motor pastilah disesuaikan dengan power dari motor itu sendiri. Jika power motor bertambah tetapi sistem penereman tetap menggunakan standar bawaan motor sungguh sangatlah membahayakan, ini karena semakin besar power motor maka semakin besar pula daya gesek pengereman yang diperlukan untuk menghetikan laju motor.


Nah, jika memang menginginkan motor yang powernya lebih besar dari motor kebanyakan, belilah motor yang mempunyai power paling besar di kelasnya. Contohnya : All New Satria F150 FI yang telah terbukti mempunyai power paling besar diantara motor 150cc yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Jadi kita tidak perlu keluar dana besar untuk memodifikasi meningkatkan power motor, jika motor itu sendiri telah mempunyai power yang melebihi motor sekelasnya. Keuntungan lainnya adalah rangka motor dan sistem pengeremannya telah di riset, dirancang dan disesuaikan dengan motor itu sendiri (rem depan pakai Giga Disk Double Piston). Jadi jangan main - main dengan power motor jika tidak disesuaikan dengan rangka dan sistem pengereman, karena nyawa anda cuma satu. Keep Safety Riding, Berkendaralah dengan aman.......

SUZUKI YARUKI....
SATRIA JUARA....