Kunci Rahasia Kehebatan SUZUKI GSX-R150


Laskar SUZUKI, Sungguh tak bosan - bosan bang admin terus menerus memberikan informasi bagaimana kehebatan dan kematangan SUZUKI Motor Indonesia dalam mempersiapkan suatu produk yang akan diluncurkan kepada konsumen pencinta motor SUZUKI. Tidak tanggung - tanggung, SUZUKI dalam membangun produknya membutuhkan waktu yang lama, sekitar 3 tahun. Ini sangat bertolak belakang dengan kecepatan kompetitor dalam mendevelop produknya yang hanya dalam hitungan bulan saja. Tetapi lamanya SUZUKI dalam membuat produk baru terbayar penuh saat motor telah diproduksi massal, motor jarang terjadi kendala saat ditangan konsumen meskipun mengaplikasi teknologi yang jauh lebih tinggi dari motor kompetitor.

Nah, kali ini bang admin ingin merangkum rahasia kehebatan dari SUZUKI GSX 150 yang telah bang admin bahas beberapa waktu yang lalu......

1. Kotak Udara Ekstra besar
Untuk ukuran motor yang dapat mencapai rpm tinggi (13.000rpm), maka SUZUKI GSX-R150 membutuhkan kotak udara berukuran besar agar disaat motor berakselerasi mendadak, ketersediaan udara tercukupi. Untuk ukuran kotak udara SUZUKI GSX-R150 sendiri mempunyai ukuran 4.300cm3 dan penempatannya sudah dirancang sedemikian rupa oleh desainer SUZUKI agar pasokan udara ke mesin lancar.


2. Ukuran Throttle Body lebih besar
Throttle body adalah pintu masuk dari udara yang tersedot kedalam ruang bakar. Disinilah udara ditakar dan diukur kesesuaiannya dengan bahan bakar yang akan disemprotkan nosel atau injektor ke intake manifold. Semakin besar ukuran throttle body, maka semakin besar pula udara yang bisa tersedot ke dalam ruang bakar akibat kevakuman, dampaknya adalah tenaga lebih besar. Untuk ukuran throttle body SUZUKI GSX-R150 mencapai 32mm, jauh lebih besar jika dibandingkan dengan throttle body motor sekelas 150cc milik kompetitor.

3. Injektor / nosel dual spray berlubang banyak
Dengan injektor teknologi terbaru, SUZUKI menyempurnakan arah semprotan injektor menjadi 2 arah semprotan. Hal ini bertujuan agar semprotan bahan bakar lebih fokus langsung mengarah ke lubang intake manifold yang berjumlah 2 lubang masuk. Penyempurnaan injektor dilakukan oleh SUZUKI dari versi sebelumnya yang hanya mempunyai 2x2 lubang saja menjadi 2x5 lubang pada SUZUKI GSX-R150.





4. Radiator berukuran besar
Untuk meredam panas yang berlebihan, SUZUKI GSX-R150 dibekali dengan media pendingin radiator yang ukurannya jauh lebih besar dari motor kompetitor yang sekelas. Hal ini bertujuan agar temperatur mesin selalu terjaga dan tenaga optimal  tidak turun cuma gara - gara mesin overheat atau kepanasan.


5. Mesin The Real DOHC
SUZUKI GSX-R150 mengusung mesin dengan sistem DOHC murni yang sistem kerjanya noke-as menonjok langsung ujung klep sehingga kerugian mekanik yang ditimbulkan dari gesekan dan tumbukan menjadi minim. Dan keuntungan lainnya adalah SUZUKI lebih leluasa menentukan sudut klep dengan menggunakan payung klep yang lebih lebar 24mm untuk IN dan 21 untuk EX.


6. ECM/ECU baru
SUZUKI GSX-R150 telah menggunakan ECM generasi terbaru dari Mitsubishi yang berdampak pada meningkatnya power mesin pada SUZUKI GSX-R150 jika dibandingkan dengan mesin versi sebelumnya.


7. Shockbreaker belakang dilengkapi ProLink
Shockbreaker belakang pada SUZUKI GSX-R150 dilengkapi dengan ProLink yang berfungsi meredam guncangan berlebih agar tidak diteruskan langsung ke frame SUZUKI GSX-R150. Sehingga motor lebih stabil saat melewati jalan bergelombang ataupun saat motor menikung.

8. Frame Ringan, Kuat dan Stabil
SUZUKI GSX-R150 menggunakan rangka kotak twinspar untuk main frame-nya dan menggunakan pipa bulat untuk frame tambahan bodi belakang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi bobot kendaraan agar tidak terlalu berat dan akhirnya SUZUKI dapat memangkas bobot kendaraannya menjadi 131Kg tanpa mengurangi kekuatan dari frame yang digunakan.



9. Bodinya Aerodinamis
SUZUKI Motor Indonesia telah merancang bodi SUZUKI GSX-R150 dengan hambatan udara serendah mungkin dan telah diuji di wind tunnel terowongan udara di markas besarnya di Hamamatsu, Jepang. Jadi SUZUKI tidak hanya mengejar tampilan motor yang keren, tetapi juga mempertimbangkan Aerodinamika dari motor itu sendiri agar motor dengan mudah saat membelah angin.



10. Silinder Tahan Gores (SCEM)
Pada SUZUKI GSX-R150 telah menggunakan Silinder tahan gores (SCEM) yang mempunyai banyak keunggulan jika dibandingkan silinder dengan bahan besi diantaranya, bobot silinder yang lebih ringan, lebih cepat melepas panas dan permukaan logamnya yang lebih licin jika dibandingkan dengan liner besi.



Sudah ach, bang admin mau tidur siang dulu.....
Kalau ingin SUZUKI bangkit dengan cepat, carilah orang yang benar - benar mencintai produk SUZUKI dengan hati, kalau orientasinya agar setiap bulan dapat gaji dari SUZUKI dan kerjaannya cuma mendengarkan bisik - bisik tetangga, ya siap - siap saja jalan ditempat lagi seperti kemarin......

SUZUKI YARUKI ......
SUZUKI BANGKIT ........