suzuki
smg

Kwalitas Buruk GSX-R150 di Check Ulang


Laskar SUZUKI - SUZUKI telah memperkenalkan produk barunya SUZUKI GSX-150 pada ajang Indonesia Motor Show 2016 kemarin dan para awak media beserta para blogger sudah diberi kesempatan untuk menguji langsung SUZUKI GSX-R150 di sirkuit sentul. Dan hebatnya lagi SUZUKI telah mengirimkan SUZUKI GSX-R150 kepada konsumen yang inden online padahal belum di launching secara nasional.

Sebenarnya jika mau dibongkar lebih dalam, SUZUKI GSX-R150 mempunyai banyak kelemahan atau kejelekan yang perlu dicek ulang, diantaranya..... :


1. Speedometer Gak Ada Jarumnya
Speedometer SUZUKI GSX-R150 memakai speedometer full LCD tanpa sekat yang sangat lengkap dalam memberikan informasi tentang kecepatan motor, putaran mesin, jam, volume bahan bakar, posisi gir, penggantian oli, trip A trip B dll. Dan layar speedometer SUZUKI GSX-R150 juga sudah dilengkapi dengan pelapis kaca tahan gores, sehingga tidak perlu khawatir speedometer cepat rusak.


2. Segitiga Atas Bolong Kurang Material
Segitiga SUZUKI GSX-R150 menggunakan bahan dengan kwalitas tinggi dan terdapat coakan pada segitiga atas yang berfungsi untuk mengurangi berat kering motor. Tetapi jangan khawatir dengan coakan atau bolong yang terdapat pada segitiga atas, karena SUZUKI menggunakan material kwalitas tinggi dan telah mengujicobakan kekuatannya.


3. Ribet Kebanyakan Sensor
SUZUKI GSX-R150 telah menggunakan sistim injeksi bahan bakar yang dilengkapi dengan banyak sensor agar takaran bahan bakar lebih tepat yang berdampak kepada performa motor yang lebih maksimal. Apalagi suhu dan tekanan udara disetiap daerah juga berbeda tergantung ketinggian daerahnya.


4. Knalpot itu sebisa mungkin plong bukan disumbat
Selain telah dilengkapi sensor O2 pada SUZUKI GSX-R150 juga dilengkapi pemecah polutan gas buang yang dihasilkan oleh sisa pembakaran dalam mesin. Nah, pemecah polutan ini berbentuk sarang lebah atau biasa disebut dengan katalizer knalpot.

5. Pelumasan SALCS
Kesempurnaan performa mesin SUZUKI GSX-R150 juga dipengaruhi oleh peluamasan mesin yang juga berfungsi sebagai pendinginan mesin dengan cara membawa panas mesin dari titip panas beredar dan didinginkan di crankcase.


6. Mesin DOHC 4 Valve Direct Mecanism
SUZUKI GSX-R150 menggunakan mesin Double Over Head Camshaft 4 valve overbore seperti halnya motor - motor besar SUZUKI. Mesin sistim ini dikenal dapat berputar pada putaran tinggi dan mempunyai tenaga yang besar. Dan kehebatannya lagi, mesin GSX-R150 minim gesekan jika dibandingkan dengan mesin yang masih menggunakan rocker arm.


7. Fitur Keyless
Fitur terbaru dari SUZUKI ini sangat banyak menyedot perhatian publik, karena fitur keyless benar - benar baru untuk motorsport 150cc dan lebih aman jika dibandingkan dengan kunci dengan pengaman magnet yang banyak digunakan pada motorsport lainnya.


SUZUKI GSX-R150 memakai twinspar frame yang kuat dan kokoh. Material pembuatan frame SUZUKI GSX-R150 memakai material terbaik sehingga menjadikan frame lebih ringan dan kuat. Efek positifnya adalah berat total kendaraan juga ikut berkurang.


SUZUKI GSX-R150 mengaplikasi knalpot dengan model besar dengan bunyi knalpot yang lumayan gahar. Ini suatu terobosan baru dari SUZUKI karena ukuran knalpot menyesuaikan dengan ukuran bodi motor. Sehingga knalpot SUZUKI GSX-R150 mirip dengan knalpot motor besar SUZUKI.


10. Jok Terpisah
SUZUKI GSX-R150 mempunyai model jok terpisah seperti halnya motorsport SUZUKI yang berkapasitas mesin besar. Tetapi jangan khawatir, meskipun menggunakan jok terpisah, posisi pengendara dan boncenger jaraknya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu tinggi. Sehingga masih dalam kategori nyaman untuk berkendara dengan pacar atau istri. 


SUZUKI GSX-R150 menggunakan injektor dengan 10 lubang dan dengan 2 arah penyemprotan. Teknologi dual spray ini cuma ada pada SUZUKI GSX-R150 di kelas motorsport 150cc. Kelebihan dari injektor dual spray adalah semprotan lebih fokus ke lubang masuk dan keungulan dari 10 hole pada injektor SUZUKI GSX-R150 adalah partikel atau butiran bahan bakar yang disemprotkan lebih halus sehingga lebih homogen bercampur dengan udara masuk.


12. Lampu Utama model Susun 
Lampu utama SUZUKI GSX-R150 menggunakan LED dengan model susun atas bawah yang menghasilkan cahaya yang lebih fokus jika dibandingkan dengan lampu utama dengan model menyamping. Pencahayaan atau sorotan lampu SUZUKI GSX-R150 fokus ditengah, sehingga lebih memudahkan pengendara saat berkendara pada malam hari.

13. Komponen Mesin Terlalu Kuat
Dengan menggunakan sistim DOHC direct mecanism, membutuhkan kwalitas komponen mesin yang kuat apalagi SUZUKI GSX-R150 menggunakan perbandingan kompresi mesin cukup tinggi dan limit rpm paling tinggi jika dibandingkan dengan motorsport 150cc milik tetangga. Tetapi jangan khawatir karena dari jaman dahulu sampai sekarang, kwalitas komponen mesin SUZUKI terkenal awet.


SUZUKI GSX-R150 menggunakan piringan cakram model petal yang mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan piringan cakram konvensional. Kelebihan dari penggunaan piringan cakram model petal adalah meningkkatkan kinerja pengereman, bobot rem cakram lebih ringan, model juga lebih bagus dan ada juga yang menyebut rem model petal adalah rem ABS versi murah.


15. Shockbraker belakang
Shockbreaker SUZUKI GSX-R150 menggunakan Shockbreaker belakang dengan diameter besar dan juga dilengkapi link atau full floater yang menjadikan redaman guncangan lebih maksimal karena tidak langsung bersentuhan dengan swing arm.


SUZUKI GSX-R150 menggunakan pendinginan sistim radiator dengan ukuran besar. Hal ini memungkinkan pendinginan mesin lebih optimal meskipun disaat terjebak macet, apalagi radiator SUZUKI GSX-R150 juga dilengkapi dengan kipas yang akan berfungsi saat suhu mesin mencapai 105 derajat celsius dan akan mati pada saat suhu mesin 100 derajat celsius.


17. Lampu Belakang
Karena desain SUZUKI GSX-R150 juga digunakan untuk desain bodi SUZUKI GSX-R125 yang di ekspor ke Eropa, maka untuk memenuhi persyaratan safety kendaraan maka lampu belakang dari SUZUKI GSX-R150 dibuat terlihat dari berbagai sudut dan tidak menyilaukan.


18. One Push Electric Starter
SUZUKI GSX-R150 juga dilengkapi dengan fitur One Push Electric Starter yang berfungsi agar kita tidak menekan terus menerus tombol stater. Cukup sekali tekan maka motor steter akan menghidupkan mesin SUZUKI GSX-R150.

19. Throttle body
Keunggulan performa dari SUZUKI GSX-R150 juga dipengaruhi oleh ukuran Throttle body yang mempunyai diameter lebih besar jika dibandingkan dengan Throttle body milik motorsport tetangga. Karena Throttle body adalah pintu masuk dari udara yang dihisap oleh mesin.


20. Perbandingan Gigi Ratio 
SUZUKI GSX-R150 mempunyai perbandingan gigi ratio yang kompak bagaikan kombinasi pelari jarak pendek dan pelari jarak jauh.


21. ECM / ECU tipe baru
ECM (Electronic Control Module) atau Electronic Control Unit (ECU) yang digunakan oleh SUZUKI GSX-R150 adalah ECM dengan teknologi kini yang membuat mesin berteriak pada putaran tinggi tanpa gejala brebet karena limit putaran mesin.


22. SAPECS
SUZUKI Advanced Power Engagement Clutch System adalah teknologi Kopling motor SUZUKI yang menjadikan perpindahan gigi perseneling halus tanpa hentakan. Teknologi ini dahulu lebih dikenal dengan nama PECS, tetapi dengan penyempurnaan yang dilakukan oleh pihak SUZUKI nama berubah menjadi SAPECS atau SUZUKI Advanced Power Engagement Clutch System


23. SCEM
Sejak awal kemunculan Satria FU 150, SUZUKI telah menyematkan teknologi silinder tahan gores yang biasa diaplikasi pada motor - motor SUZUKI berkapasitas mesin besar. Selain berat silinder yang lebih ringan, teknologi SCEM pada silinder motor SUZUKI juga mengakibatkan transfer panas mesin menjadi lebih baik karena tidak ada perbedaan bahan antara silinder dan rumah silinder yang biasanya terbuat dari almunium.


24 Box Filter Udara
SUZUKI GSX-R150 juga dilengkapi dengan Box Filter Udara ukuran besar untuk memaksimalkan suplai udara yang dibutuhkan oleh oleh mesin. Box Filter Udara SUZUKI GSX-R150 kabarnya juga dilengkapi dengan box resonan yang berfungsi tendangan balik udara pada saat katup atau klep menutup. Sebenarnya box resonan sudah dipalikasi pada motor SUZUKI RC series yang menahan tendangan balik udara saat katup buluh menutup sehingga terjadi turbulensi di box resonan.


25 Spakbor Belakang Knock Down
Pada awal kemunculannya bentuk spakbor SUZUKI GSX-R150 banyak yang mencemooh, bentuknya mirip daun pisang karena ukurannya yang lebar. Tetapi kehebatan SUZUKI adalah selain memikirkan model agar tampilan motor cakep juga memikirkan akan fungsi dari spakbor belakang itu sendiri yang melindungi pengendara dari cipratan air atau kotoran yang dilontarkan oleh ban. Spakbor SUZUKI GSX-R150 dapat dilepas dengan ukuran kecil seperti motorsport 150cc lainnya yang lebih mengedepankan tampilan daripada fungsi.

Nah, untuk para Laskar SUZUKI yang telah membeli SUZUKI GSX-R150 dapat mengecek ulang kendaraannya pada saat servis pertama yang biasanya dilakukan 1 bulan setelah pembelian motor. Karena pengecekan kendaraan atau motor baru memang sejak dari dahulu dilakukan pada saat servis rutin pertama dengan Kupon Servis Gratis 1 (KSG). Tapi bang admin berdoa, mudah - mudahan tidak ada kendala pada SUZUKI GSX-R150 karena telah melewati 5 kali inspeksi sebelum motor sampai ke konsumen.

SUZUKI Fight Back

Baca juga..!!!!
Posisi Berkendara SUZUKI GSX-R150 tidak nyaman