Basic Mesin DOHC Big Skuter Matic SUZUKI berasal dari SUZUKI GSX-R150


Laskar SUZUKI - Kali ini bang admin ingin menerawang tentang mesin yang akan digunakan oleh Big Skuter matic SUZUKI yang direncakan akan muncul akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun 2018. Karena para blogger saat ini lagi ramai membicarakan big skuter matic SUZUKI yang di isukan akan memakai mesin 180cc.

Kalau bang admin pribadi satu gelondong mesin motor dibagi 3 bagian. Yang pertama mesin itu sendiri yang terdiri dari piston, camshaft, crankshaft, valve dan lain sebagainya, yang kedua kopling sebagai pemutus dan penyambung daya mesin yang terdiri dari kampas, plat dan rumah kopling, yang ketiga transmisi yang jenisnya bisa CVT atau gigi perseneling.

Tapi pembahasan bang admin kali ini cuma disekitar mesin saja, karena mesin adalah sumber daya dari motor itu sendiri. Apakah motor tersebut akan mempunyai tenaga yang besar, atau torsi yang besar, nah penentuan awalnya berada pada mesin. Contohnya mesin balap mempunyai diameter piston yang lebih besar (overbore)dan motor touring yang langkah pistonnya lebih panjang daripada diameter piston (overstroke). 

Kembali ke penerawangan mesin Big Skuter Matic SUZUKI. Mengapa bang admin berpendapat bahwa basic mesin big skuter matic SUZUKI akan sama dengan SUZUKI GSX-R150...???

1. Bang admin mengambil pedoman pada generasi mesin yang sama, SUZUKI Nex dan SUZUKI Smash FI yang sama sama menggunakan diameter piston 51mm, cuma langkahnya saja yang berbeda 0,2mm. Dan beda transmisi juga, SUZUKI NEX pakai CVT dan SUZUKI Smash FI pakai gigi perseneling.

2. Yang kedua, jika para laskar SUZUKI masih ingat dengan mesin Smash dan Shogun 125 yang  sama sma menggunakan bore 53,5mm tetapi Smash 110 stroke 48,8mm dan Shogun Stroke 55,2mm. Sedangkan Spin, Skydrive, Skywave dan Hayate mempunyai Bore dan stroke yang sama dengan Shogun 125,  53,5mm x 55,2mm, cuma beda transmisi (pakai CVT) dan kopling (kering).

3. Yang ketiga pedoman bang admin pada mesin generasi terbaru SUZUKI yang berawal dari All new Satria F150 FI, disempurnakan pada mesin GSX-R150 dan basic mesinnya juga digunakan pada SUZUKI GSX-R125 untuk pasar ekspor. Meskipun beda  kapasitas mesin, tetapi diameter piston tetap sama 62mm, jadi langkah pistonnya saja yang berbeda. SUZUKI GSX-R125 dengan stroke 41,2 dan SUZUKI GSX-R150 mempunyai langkah piston 48,8

Nah, berdasarkan 3 pedoman diatas yang mesinnya sama - sama satu generasi, bang admin berani memperkirakan bahwa mesin big skuter matic SUZUKI yang akan muncul dari mesin basic atau gen yang sama dengan yang digunakan oleh SUZUKI GSX-R150, karena mesin yang digunakan SUZUKI saat ini adalah basic mesin GSX-R150 yang dihasilkan dari pengembangan mesin All New Satria F150 FI.

Lalu isu yang berhembus bahwa motor tersebut berkapasitas mesin 180cc itu gimana bang admin...???

Bisa saja nantinya SUZUKI memakai basic mesin yang sama dengan mesin yang dipakai generasi GSX-R150, tetapi stroke-nya yang berubah. Contohnya Diameter piston tetap 62mm, tetapi strokenya yang berubah, misalnya 58,8mm, yang akan menghasilkan volume silinder 177cc atau jika dibulatkan menjadi 180cc.

Jika prediksi bang admin benar, maka bukan hanya tenaganya yang besar, tetapi torsi mesin juga akan meningkat dan menjadi Skuter Matic pertama yang diproduksi di Indonesia yang memakai mesin DOHC. Tapi ini cuma prediksi bang admin saja yang jauh dari kebenaran, tapi prediksi bang admin sesuai dengan kalau kata orang jawa "Ilmu Titen" atau "Tetenger". Yang gak bisa Jawa, tanya temannya dulu ya......

Sudah ach, bang admin mau nyangkul di kebun dulu, karena ngeBlog bagi bang admin cuma hobi saja, bukan pekerjaan.....