suzuki
smg

SUZUKI Sebenarnya Punya Kans Besar, Tinggal Niat atau Tidak


Laskar SUZUKI - Persaingan penjualan motor di Indonesia semakin sengit, ini disebabkan penjualan motor di Indonesia sedang mengalami penurunan dibandingkan tahun - tahun sebelumnya. Ditengah kelesuan dunia otomotif di Indonesia, SUZUKI Motor Indonesia mulai bangkit dengan 2 produk terbarunya SUZUKI GSX-R150 dan SUZUKI GSX-S150. Penjualan motor SUZUKI kembali meningkat sejak SUZUKI mengeluarkan 2 motorsport yang DNA-nya diambil langsung dari motor besar SUZUKI, yaitu SUZUKI GSX-series.

Tetapi SUZUKI tidak boleh terlena begitu saja dengan penjualan SUZUKI GSX-150 series yang menurut data sudah bisa bersaing dengan penjualan motorsport milik kompetitor. Perlu diingat, SUZUKI pernah menggantungkan penjualannya pada SUZUKI Satria FU150 yang dahulu laris manis dipasaran, disaat SUZUKI Satria FU150 sudah kurang diminati dan penjualannya menurun, SUZUKI Motor Indonesia mulai kebingungan, dan beruntunglah penjualannya masih terselamatkan oleh SUZUKI GSX-150 series.


Dengan penjualan SUZUKI GSX-150 series yang laris dipasaran dan membludaknya pemesanan SUZUKI GSX-125 series dari berbagai negara. Seharusnya pihak SUZUKI Motor Indonesia dapat lebih keras menekan SMC Jepang untuk memberikan ijin memproduksi motor - motor SUZUKI di Indonesia untuk melengkapi line-up yang ada. Percuma saja, meskipun motornya ada dan semua kita punya, tetapi belum dapat ijin untuk diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. Entar dikhawatirkan ijin keluar momentumnya sudah habis.

Peluang SUZUKI Motor Indonesia sebenarnya sangatlah besar jika ingin bangkit dan mendominasi penjualan seperti tahun 90'an. Karena SUZUKI Motor Indonesia sudah mulai mengerti akan keinginan dari konsumen di Indonesia yang menginginkan motor Poweful, Keren dan Harga Murah. Sebenarnya itulah kunci kesuksesan penjualan dari SUZUKI GSX-R150.


Contoh pertama SUZUKI Motor Indonesia mempunya peluang besar adalah disaat pabrikan lain memasarkan Big Skuter Matic Premium berkapasitas mesin 150cc, SUZUKI Motor Indonesia merencanakan akan membuat motor yang mempunyai kapasitas mesin lebih besar yaitu 180cc. Jika SUZUKI Motor Indonesia nantinya bisa menekan harga lebih murah seperti halnya SUZUKI GSX-150 series, bukan tidak mungkin SUZUKI dapat mendominasi penjualan pada tipe Big Skuter Matic Premium. 


Contoh kedua peluang besar yang dapat diambil oleh SUZUKI Motor Indonesia adalah pada tipe motor trail. Disaat kompetitor masih menggunakan mesin 150cc SOHC berpendingin sirip dengan bantuan angin atau udara dari arah depan, jika SUZUKI menggunakan mesin All New Satria F150 FI  ada nilai lebih karena mesinnya telah menggunakan mesin 150cc DOHC berpendingin radiator. Tentunya PR SUZUKI adalah bagaimana caranya agar harga jualnya dapat kompetitif dengan motor yang sekelas milik kopetitor.