suzuki
smg

Suzuki Intruder 150 Muncul Di India


Laksar SUZUKI - Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, mungkin itu pepatah yang bisa menggambarkan bagaimana selera masyarakat disuatu negara berbeda - beda. Jika di belahan dunia lain banyak masyarakatnya menggunakan motor dengan kapasitas mesin besar, berbeda dengan Indonesia yang lebih suka dengan motor berkapasitas mesin kecil karena masih banyak yang memikirkan konsumsi bahan bakar motornya. Tetapi berbeda dengan motor hobi yang peminatnya terus ada dan tidak lekang oleh jaman, misalnya motor cruiser yang peminatnya selalu ada dari generasi ke generasi.

Baru - baru ini beredar spyshoot motor terbaru Suzuki di India, disusul kemudian gambar brosur dari SUZUKI Intruder 150. Pada awalnya bang admin menilai ini motor lucu banget, karena dari segi tampilan gabungan antara motorsport dan motor cruiser. Apalagi jika dilihat sekilas motor ini terlihat sedikit panjang, mungkin efek dari posisi duduk pengendara yang sedikit lebih mundur.

Bentuk bodi dari SUZUKI Intruder 150 lebih menyerupai SUZUKI Intruder 1800 R, dengan posisi kaki selonjor kedepan dan posisi kemudi menjulur ke belakang ciri khas motor cruiser. Yang agak sedikit aneh dilihat ada pada bodi sampingnya yang terkesan memaksakan menutupi mesin SUZUKI Intruder yang ukurannya imut. Biasalah di Indonesia pun jika ada motorsport dengan bentuk mesin kecil akan berusaha untuk ditutup karena termasuk nilai minus bagi motor tersebut.

Tetapi yang membuat motor ini terkesan mewah adalah panel instrumennya telah menggunakan LCD full digital, lampu utama telah menggunakan LED proyektor, dampu belakangnya telah LED dan yang paling keren adalah motor ini sudah dilengkapi ABS pada sistem pengeremannya.

Sedangkan mesinnya masih menggunakan satu generasi dari SUZUKI GIXXER 150 yang masih SOHC 2 klep, berpendingin udara dan masih menggunakan karburator. Tenaga dan torsi yang dihasilkannya pun sama dengan SUZUKI GIXXER 150, sekitar 14,8 PS /8000rpm dan 14Nm / 6.000rpm. Bisa jadi perubahan ada pada gigi rationya karena SUZUKI GIXXER mempunyai karakter sport.


Yang menjadi banyak pertanyaan adalah apakah motor ini akan dibawa ke Indonesia atau diproduksi di Indonesia..?? Bang admin rasa pencinta motor cruiser di Indonesia masih termasuk kecil dan masuk kategori motor hobi. Masyarakat Indonesia lebih banyak memilih motor yang praktis dan bisa diajak komuter. Jika dibandingkan peminat motorsport full fairing dengan motor cruiser, bang admin rasa masih lebih banyak yang menyukai motor sport full fairing.

Jadi sepertinya sangat tidak mungkin jika SUZUKI Intruder 150 dipasarkan oleh SUZUKI Motor Indonesia. Karena saat ini SUZUKI Motor Indonesia lagi membidik market yang besar, meskipun tidak mendominasi penjualan setidaknya bisa mencuri poin di market besar tersebut.