smg

Riset Motor Enduro atau Trail SUZUKI Seharusnya Sudah Jalan

Modifikasi trail SUZUKI

Laskar SUZUKI - Saat ini penambahan varian motor SUZUKI menurut bang admin pribadi sangatlah lambat sekali dan akan sangat sulit untuk mengejar ketertinggalan varian yang dimiliki kompetitor. Pada tahun 2016 SUZUKI cuma mengeluarkan SUZUKI All New Satria F150 FI dan pada tahun 2017  hanya ada penambahan SUZUKI GSX-R150 dan GSX-S150, selebihnya reborn dari SUZUKI Nex dan SUZUKI Smash FI yang dilahirkan kembali untuk melengkapi line-up. Lalu bagaimana dengan wacana tahun kemarin yang direncanakan akan ada menambahan varian secara besar - besaran yang diberitakan oleh sejumlah media dan blogger..??? Apakah wacana tersebut cuma sebagai pemanis berita saja..???

Seharusnya SUZUKI Motor Indonesia berbangga karena tahun 2017 kemarin meskipun tidak bisa mendominasi penjualan motorsport 150 di Indonesia, setidaknya telah mengambil poin besar dan menambah persentase penjualan SUZUKI di Indonesia lewat SUZUKI GSX-R150. Apalagi SUZUKI Motor Indonesia bisa menjual motor berkwalitas, teknologi canggih dengan harga dibawah motor kompetitor sejenis. Hal ini bisa memberikan nilai positif bagi konsumen terutama pencinta SUZUKI yang kepercayaannya kepada SUZUKI hampir luntur karena banyaknya dealer SUZUKI yang tutup.


Setidaknya pihak SUZUKI melakukan riset motor baru tidak menunggu sampai penjualannya menurun, atau tipe tertentu penurun penjualannya. Contohnya, SUZUKI GSX-R150 dan GSX-S150 diluncurkan setelah penjualan SUZUKI Satria FU150 menurun dan SUZUKI Satria F150 FI tidak mampu mendongkrak penjualan SUZUKI secara signifikan. Contoh kedua adalah munculnya SUZUKI Bandit 150 sepertinya dipaksakan karena penjualan SUZUKI GSX-S150 kurang direpon positif oleh pasar. Akhirnya SUZUKI terkesan cuma menyambung nafas saja, agar bisa bertahan di pasar otomotif tanah air.


Lalu bagaimana dengan riset motor trail yang memakai bodi Satria F150 FI yang muncul beberapa waktu yang lalu, apakah akan dilanjutkan atau cuma sebatas wacana saja. Jika memang SUZUKI serius, pastinya untuk saat ini riset frame dan riset perbandingan gigi rasio sudah dilakukan. Dan SUZUKI harus belajar dan memperbaiki kelemahan motor kompetitor jika memang mau meluncurkan motor enduro. Seperti memperkuat titik-titik tumpu pembebanan motor agar frame tidak mudah retak atau patah, sistem kopling tidak mudah panas yang mengakibatkan kopling selip, dan lain sebagainya.



Cukup sudah coretan opini pribadi bang admin pagi ini, semoga SUZUKI Motor Indonesia bisa gaspol lagi seperti tahun 90'an dan awal 2000'an. Jangan brebet lagi seperti kemarin-kemarin cuma jualan 3 varian saja......