smg

SUZUKI Bandit 150, Terlalu Berat Untuk Mengusung Nama Besar SUZUKI Bandit


Laskar SUZUKI - Banyak yang bertanya, mengapa bang admin tidak membuat artikel pada saat SUZUKI GSX-150 Bandit diperkenalkan awal Agustus 2018 yang lalu. Padahal hampir semua media dan blogger memberitakan diperkenalkannya motor baru SUZUKI tersebut. Meskipun masih banyak diwarnai pro dan kontra atas penamaan dan bodi SUZUKI Bandit yang terkesan sebagai motor kawin silang antara GSX-S150 dan SUZUKI All New Satria F150 FI.

Padahal SUZUKI GSX-150 Bandit tercipta dari keinginan pencinta motor SUZUKI sendiri yang dahulu menginginkan SUZUKI GSX-S150 memakai headlamp SUZUKI All New Satria F150 FI, dan banyaknya keluhan konsumen dengan jok SUZUKI GSX-S150 yang model terpisah antara pengemudi dan pembonceng. Tetapi setelah SUZUKI GSX-150 Bandit diperkenalkan, bukan cuma sebagian masyarakat yang menyatakan ada sedikit keanehan pada bodi SUZUKI GSX-150 Bandit, bang admin juga melihat agak sedikit aneh pada bagian belakang SUZUKI GSX-150 Bandit (jika dilihat dari gambar samping). Lebih parah lagi keanehan pada SUZUKI GSX-150 Bandit dengan adanya handle bar pada bagian belakang. (Maaf ini pendapat pribadi bang admin loh ya...)


Untuk penilaian bodi bagian depan, bang admin rasa sudah baik dan mempunyai nilai jual tinggi, meskipun sering disama - samain dengan motor sejenis milik pabrikan sebelah. Tetapi jika dihubungkan dengan pemberian nama "Bandit", bang admin rasa SUZUKI sedikit terlalu memaksakan diri. Karena SUZUKI Bandit series yang bang admin ketahui bodinya kekar dan bulat (Muscle bike), tidak kurus dan meruncing seperti halnya SUZUKI GSX-150 Bandit yang rangka-nya terbungkus rapi didalam balutan bodi motor.


Sebenarnya SUZUKI Motor Indonesia bisa memberi nama motor barunya, misalnya dengan nama SUZUKI GSX150SR atau yang lainnya. Malah menurut bang admin lebih cocok SUZUKI GSX-S150 menyandang nama Bandit karena sekilas terlihat lebih kekar jika dibandingkan SUZUKI GSX-150 Bandit.

Jika memang SUZUKI serius menghidupkan kembali motor Bandit yang telah melegenda, bisa menggunakan lampu bulat pada headlamp-nya seperti halnya pada SUZUKI SV650. Dan pada bagian rangka belakang sedikit ditonjolkan agar motor terlihat lebih berotot.



Untuk fitur, dan mesin SUZUKI GSX-150 Bandit, tidak perlu bang admin bahas kembali karena sama dengan generasi GSX150 series lainnya.